Hideo Kojima Berterima Kasih Kepada Konami

Beberapa tahun belakangan ini drama antara Hideo Kojima dan Konami seakan tidak ada habisnya. Bahkan setelah hengkang dari Konami, studio game baru besutannya seakan tidak luput dari ‘amarah’ Konami terhadap Kojima.

Namun hubungan diantara keduanya tampaknya sudah mulai mencair, hal ini bisa terlihat dalam sebuah wawancara dimana Kojima membahas saat dirinya masih bekerja di Konami.

“Yang kusyukuri saat di Konami adalah ketika aku mengusulkan sesuatu yang ingin kubuat, mereka akan mengijinkannya,” jelas Kojima kepada website Toyokeizai. Kojima juga menjelaskan bahwa Konami tidak terlalu mendikte dirinya.

Kojima bergabung dengan Konami saat industri game baru mulai tumbuh, saat itu hanya ada lima orang di tim pengembangannya. “Aku ingat hanya tidur tiga jam sehari,” kata Kojima.

Menurut Kojima, ketika dia meminta izin untuk membuat sebuah game dan memasukkan proposal yang menjabarkan tujuan, waktu dan staf yang dibutuhkan, Konami selalu memberikan lampu hijau.

“Selalu seperti itu dari awal aku bergabung hingga keluar,” ucap Kojima. “Karena itulah, aku menjadi diriku yang sekarang.”

Mungkin saja pujian Kojima terhadap Konami ini adalah bukti bahwa hubungan di antara keduanya memang telah mencair, atau Kojima hanya ingin sikap Konami melunak dan tidak mempersulitnya lagi.

Sumber: Kotaku