Penyalamat Film dan Anime Jepang Itu Bernama Netflix

Belum lama ini acara Tama Musubi yang tayang di TBS Radio mengadakan wawancara dengan penulis skenario dan kritikus film Tomohiro Machiyama (penulis naskah film live action Shingeki no Kyojin). Machiyama membahas Netflix yang semakin aktif terlibat dalam industri film, hiburan, dan anime Jepang.

Machiyama mengeluhkan bahwa meskipun anime Jepang dinilai tinggi di luar negeri, pemilik modal dalam negeri malah tidak berminat mengucurkan dana investasi ke anime sama sekali.

“Bahkan sutradara In This Corner of the World membuat (film) di tengah kelaparan. Dia membuat film selama lima tahun tanpa pendapatan sekali untuknya dan istrinya. Jepang, yang sudah memeras habis dan mengejek para kreator anime selama ini, akan mendapatkan pembalasan besar oleh Netflix.”

Machiyama juga mengatakan bahwa seri live action Netflix “memiliki budget lima kali lebih besar dari film Jepang. Lima kali dalam satu episode.” Dia mengatakan bahwa saat ini Netflix aktif di Jepang dan “memungkinkan sutradara film Jepang dan produser anime berkarya.” Machiyama mengatakan bahwa kerjasama ini memungkinkan mereka memiliki dana untuk merilis karyanya secara serentak di seluruh dunia.

Dia percaya bahwa industri anime Jepang akan segera berubah secara menyeluruh dan begitu juga dengan industri film.

Saat ditanya mengenai aktor di seri orisinil besutan Netflix mendapat tawaran “uang yang luar biasa banyaknya,” Machiyama mengatakan “Ada perubahan besar terjadi di industri hiburan saat ini. Hingga saat ini, orang yang membuat anime dan film di jepang hidup miskin. Tiba-tiba orang dengan budget sepuluh hingga dua puluh kali lipat muncul, dan menjadi dunia dimana mereka berkata, ‘bikin saja tidak usah khawatir butuh biaya berapapun.'”

Machiyama juga menambahkan Netflix memungkinkan menayangkan karya yang tidak bisa ditayangkan dalam kondisi biasa. Dia berpikir akan ada “perang besar” yang dimulai Netflix dengan dunia media di Jepang, dan akan menjadi seperti “invasi dari militer Amerika.” Dia menyarankan orang yang terlibat di perusahaan media Jepang harus berhati-hati.

Sebagai contohnya, Machiyama mengatakan bahwa Perancis memutuskan untuk melawan Netflix. Dia mengatakan bahwa negara tersebut mencegah “invasi” Amerika dengan melarang Netflix di Perancis.

Machiyama percaya bahwa anime adalah media “luar biasa” yang ditonton di seluruh dunia, namun perkembangannya sangat terbatas karena tidak ada uang yang diinvestasikan.

Awal bulan ini Netflix mengumumkan anime orisinil berjudul A.I.C.O. -Incarnation-. Selain itu layanan ini juga menayangkan beragam anime, dan juga mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan beberapa judul baru seperti: Lost Song, Knights of the Zodiac: Saint Seiya, B: The Beginning, Baki, Kakegurui, dan Sword Gai: The Animation.

Sumber: ANN