Danganronpa V3 Dilarang Beredar di Korea Selatan

Game Danganronpa V3: Killing Harmony yang dirilis di Jepang pada awal tahun 2017, baru-baru ini ditolak oleh Komite Rating Game dan Administrasi Korea Selatan.

Menurut Gamemeca, Komite ini menolak memberikan rating untuk game tersebut, yang berarti Danganronpa V3 dilarang beredar di Korea Selatan. Toko-toko yang kedapatan menjual versi impornya juga akan terkena hukuman.

Komite ini melarang game ini karena dianggap dapat menyebabkan gangguan sosial yang dikarenakan penggambaran kriminal, kekerasan, seksual, dan lain-lain yang dapat menghasut perilaku kriminal atau kejahatan tiruan. Game Danganronpa V3 seharusnya mulai dijual di Korea Selatan pada bulan September.

Banyak yang menduga bahwa Danganronpa V3: Killing Harmony dilarang beredar dikarenakan baru-baru ini di Korea Selatan terjadi kasus pembunuhan dimana wanita berusia 17 tahun membunuh dan memutilasi gadis berusia 8 tahun.

Namun, saat situs This is Game mencoba menkonfirmasi hal tersebut seorang perwakilan komite menolak tuduhan tersebut. “Keputusan ini dibuat berdasarkan konten game. Kami khawatir adanya kejahatan tiruan dan semacamnya, tapi kami menolak rating bukan cuma karena itu. Kami memutuskan bahwa game ini telah melewati batas sehingga sulit mengizinkannya di masyarakat,” ujar juru bicara komite.

Sony Computer Entertainment Korea selaku penerbit game ini memiliki tujuh hari untuk menjawab keputusan komite. “Saat ini kami sedang membahas secara internal tentang cara menanganinya,” ujar SCEK kepada Gamemeca.

Sumber: Kotaku