Berkat Switch Nintendo Kembali Raup Keuntungan

Tahun lalu Nintendo menderita kerugian lebih besar dari yang mereka perkiran sebelumnya, namun tahun ini perusahaan yang bergerak di industri game ini akhirnya kembali meraup keuntungan.

Menurut Reuters, Nintendo mencatatkan laba operasional sebesar 16,21 milyar Yen (1,9 trilyun Rupiah) untuk bulan April hingga Juni. Angka ini melebihi angka perkiraan sebesar 11,5 milyar Yen. Tahun lalu pada periode yang sama, Nintendo mencatatkan kerugian sebesar 5,13 milyar Yen (611 milyar Rupiah).

Laba operasional ini salah satunya disebabkan oleh popularitas konsol teranyar Nintendo, Switch. Konsol ini telah terjual sebanyak 4,7 juta unit, sedangkan game-game seperti Mario Kart 8 Deluxe, ARMS, dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild telah terjual sebanyak 13,6 juta unit.

Kesuksesan Nintendo juga turut didukung penjualan dari game Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia, dan tingginya minat konsumen yang membeli lini mainan Amiibo. Tidak hanya itu, Nintendo mencatatkan penjualan sebesar 9 milyar Yen dari game smarthone Super Mario Run dan Fire Emblem Heroes, perolehan tersebut meningkat 450% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sumber: Kotaku