Jadwal Kerja Gila Para Mangaka Jepang

Menjadi seorang mangaka di Jepang bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika karyanya berhasil masuk ke majalah mingguan. Seorang mangaka harus mampu merampungkan sebuah bab baru kurang dari seminggu, karenanya jangan heran kalau seorang mangaka mempunyai jadwal kerja yang sangat gila! Kamu bisa melihat contohnya dari jadwal kerja mangaka One Piece, Eiichiro Oda.

Menurut artikel yang dimuat sebuah majalah Jepang, seperti inilah jadwal kerja Oda sehari-hari.

  • Bangun jam 5 pagi, dan langsung bekerja
  • Bekerja sepanjang hari, hanya istirahat untuk makan
  • Tidur jam 2 pagi

Agar bab terbaru One Piece selalu siap terbit setiap minggunya Oda menghabiskan hari Senin, Selasa, dan Rabu untuk membuat layout dan dialog karakter. Hari Kamis hingga Sabtu untuk menggambar dan memberi tinta, sedangkan hari minggu digunakannya untuk mewarnai dan pekerjaan lainnya.

Oda hampir tidak pernah ‘cuti’. Namun, ada sebuah edisi Shounen Jump yang menggabungkan dua edisi menjadi satu, yang membuat Oda memiliki waktu tambahan untuk mengerjakannya dan dia jadi punya waktu untuk melakukan hal lain selain membuat manga.

“Aku bertemu dengan asisten lamaku, atau dengan mangaka lain atau teman yang telah menolongku, dan kami menghabiskan waktu dengan membicarakan hal-hal yang sedang kami lakukan.” ujar Oda menjelaskan apa yang ia lakukan di waktu luangnya.

Oda mulai membuat manga One Piece saat usianya 22 tahun, kini karyanya telah berusia 20 tahun. Ini berarti Oda telah menjalani jadwal kerja yang sangat gila ini hampir seumur hidupnya.

Hal serupa juga dialami oleh Shiibashi Hiroshi, mangaka Nurarihyon no Mago ini hanya punya waktu 3 jam di akhir pekan untuk melakukan hal lain selain membuat manga.

Shiibashi biasanya baru bisa tidur sekitar jam 3 atau 5 pagi sebelum kembali bangun pada jam 10 pagi untuk mulai membuat manga, bahkan di hari senin saat dirinya biasa membuat draft untuk bab terbaru dia baru tidur jam 6 pagi dan sudah bangun lagi pada jam 8 pagi!