Kreator Hokuto no Ken Donasikan 400 Juta Yen Untuk Beasiswa di Tanah Kelahirannya

Pada tanggal 20 Juli, Kota Saku yang terletak di prefektur Nagano mengumumkan bahwa pembuat cerita serial manga Hokuto no Ken, Buroson telah mendonasikan 400 juta Yen (sekitar 47 Milyar rupiah) untuk beasiswa bagi pemuda di kota tersebut yang membutuhkan dukungan dana demi melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Mulai tahun depan, hingga 10 tahun yang akan datang, “SAKU Cosmos Scholarship Fund” akan menyediakan beasiswa dengan sebesar 1 juta Yen (sekitar 120 juta Rupiah) bagi 10 siswa di kota tersebut.

Buronson lahir di kota tersebut pada 16 Juni 1947. Pada konferensi pers dia mengucapkan, “Keluargaku sangat miskin, jadi setelah lulus SD, aku bergabung ke pasukan bela diri Jepang. Karena aku gak suka belajar, aku gak punya niat untuk melanjutkan sekolah. Tapi jika aku melanjutkan sekolah, hidupku pasti berbeda.”

Tidak hanya itu, Kota Saku juga berencana membuka sekolah bagi mangaka, bernama “Buronson 100 Hours Manga Cram School.” Buronson akan membayar biaya operasi dari sekolah yang bebas biaya tersebut. Akan ada kuliah sepanjang lima jam oleh Buronson dan mangaka atau editor populer sebanyak 20 kali mulai dari April 2018 hingga Maret 2019.

Sumber: ANN