Studio Anime Macross Berhenti Beroperasi

Teikoku Databank melaporkan pada hari Jumat bahwa studio Artland telah berhenti beroperasi semenjak tanggal 30 Juni, dan perusahaan tersebut telah menyewa pengacara untuk menangani proses selanjutnya. Perusahaan tersebut menuliskan bahwa hutang Artland telah mencapai 298 Juta Yen hingga akhir Desember 2016.

Studio Artland didirikan oleh almarhum Noburo Ishiguro. Semasa jayanya, studio ini terkenal memproduksi beragam anime ikonis seperti Macross, Megazone 23, The Legend of the Galactic Heroes dan Mushishi.

Pada tahun 2006, studio ini menjadi anak perusahaan dari Marvelous. Saat itu studio tersebut menangani anime seperti Mushishi dan Katekyo Hitman Reborn!. Di 2010, Marveous memecah Artland sebagai perusahaan pemegang lisensi dan studio animasi. Belum lama ini studio Artland menangani anime Komori-san pada tahun 2015.

Sebelum mengumumkan bangkrut dan menutup operasi, Artland tengah mengerjakan anime Seven Mortal Sins, yang dijadwalkan tayang sepanjang 12 episode.

Teikoku Databank mencatat bahwa pada bulan November 2013, perusahaan ini membukukan pendapatan sebesar 260 Juta Yen, namun per Desember 2016, nilai itu turun menjadi sekitar 21 Juta Yen.

Dijelaskan juga bahwa meskipun perusahaan tersebut membuat judul anime populer seperti Mushihi, biaya alih daya Artland mencapai 90% dari biaya produksi, hal inilah yang mengakibatkan perusahaan terus menumpuk hutang.

Pada Juni 2016, Emon Animation Company mengumumkan bahwa mereka berinvestasi di studio Artland dalam rangka memperkuat kapasitas produksi anime. Emon Animation Company telah membeli 51% saham di Artland dan berencana untuk merestrukturisasi perusahaan tersebut.

Emon merupakan cabang Jepang dari Haoliners, merek animasi yang berasal dari Shanghai dan merupakan anak perusahaan dari Shanghai Haoliners Cultures Media Co., Ltd.

Sumber: ANN