Hideaki Anno Sudah Menduga Hayao Miyazaki Akan Batal Pensiun

Dalam acara Mary and the Witch’s Flower yang dihadiri oleh produser Yoshiaki Nishimura, pendiri Deho Gallery Nobuo Kawakami dan sutradara Evangelion dan Shin Godzilla Hideaki Anno, Anno mengomentari keputusan Hayao Miyazaki yang batal pensiun dan sudah mempersiapkan film anime baru.

Anno tertawa dan mengatakan, “Sudah kuduga.” Dan ternyata tidak hanya dia yang menebak hal serupa, Kawakami juga mengatakan “Ghibli mulai memproduksi (film anime) lagi. Aku sudah menduganya, sih.”

Anno sendiri sempat bekerja di Studio Ghibli pada masa awal karirnya di dunia anime, bahkan produser Studio Ghibli Toshio Suzuki pernah mengatakan bahwa Anno adalah sosok yang pantas untuk menjadi penerus Miyazaki. “Saya yakin Anno akan menjadi sosok pemimpin animasi Jepang di dekade berikutnya,” ujar Suzuki di acara Tokyo International Film Festival 2014.

Hayao Miyazaki mengumumkan dirinya kembali dari pensiun pada bulan Agustus dengan mengajukan proposal film anime baru. Film ini akan selesai dalam lima tahun, saat dia berusia 80 tahun. Tertulis dalam proposal, dia merencanakan film tersebut akan tayang tahun 2019, sebelum Olimpiade 2020 di Tokyo.

Acara yang dihadiri oleh Anno, Kawakami, dan Nishimura sebenarnya membahas soal gambar latar yang dikerjakan Studio Ponoc pada film Mary and the Witch’s Flower yang disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi, yang akan tayang di Jepang pada tanggal 8 Juli.

Anno memuji film tersebut menggambarkan ruangan dengan baik. Namun, dia menyarankan kepada Yonebayashi untuk menghiasi ruangan dengan wallpaper dan menggunakan lebih banyak variasi. Anno percaya film tersebut akan menjadi hal penting di karir Yonebayashi yang cemerlang.

Sumber: ANN