Hayao Miyazaki: “Aku Tidak Akan Melihat Film Mary and the Witch’s Flower”

Hiromasa Yonebayashi merupakan mantan staf Studio Ghibli yang kini telah bergabung dengan Studio Ponoc, yang didirikan oleh seorang alumni Ghibli, Yoshiaki Nishimura.

Yonebayashi yang pernah menyutradarai The Secret of World Arrietty dan When Marnie Was There ini tengah mempersiapkan film barunya yang berjudul Mary and the Witch’s Flower (Mary to Majo no Hana).


Hiromasa Yonebayashi, sutradara film Mary and the Witch’s Flower

Mary and the Witch’s Flower akan menjadi film pertama yang Yonebayashi tangani selepas meninggalkan Studio Ghibli, namun pada sebuah acara, dia mengungkapkan bahwa co-founder Studio Ghibli, Hayao Miyazaki mengatakan bahwa dia tidak akan melihat film tersebut.

Yonebayashi mengatakan bahwa begitu film tersebut selesai dia membawanya ketika mengunjungi Studio Ghibli. Saat itu, Miyazaki mengatakan kepada Yonebayashi, “Aku tidak akan melihatnya.”

Namun, Miyazaki juga mengatakan, “Kamu sudah bekerja keras.” Yonebayashi mengungkapkan bahwa Miyazaki telah khawatir karena film tersebut tidak kunjung selesai dan mengatakan, “Benar nih kamu bisa melakukannya!?” Yonebayashi percaya bahwa Miyazaki senang bahwa film tersebut berhasil selesai.

Nishimura menyampaikan bahwa Toshio Suzuki, produser Studio Ghibli mengatakan, “Kamu telah bekerja keras. Ketika kamu sudah terlepas dari kutukan Ghibli, mungkin kamu dapat membuat film seperti itu. Kamu membuat film bagus secara bebas dan lepas dari pengaruh.”

Salah satu co-founder Studio Ghibli, Isao Takahata mengatakan kepada Yonebayashi, “Film ini memberikanku perasaan baik. Tapi apakah aku memiliki kesan yang baik, aku pikir kesuksesan film ini berada dalam bahaya.”

Sebelumnya, Miyazaki dan Suzuki mendukung Yonebayashi dan Nishimura dalam pengerjaan film baru mereka. Takahata mengungkapkan ketertarikannya pada karya tersebut.

Setelah menyutradarai Arrietty dan When Marnie Was There, Yonebayashi meninggalkan Studio Ghibli dan Studio Ponoc, yang didirkan oleh Nishimura pada tahun 2015. Nishimura mengungkapkan keyakinannya dalam film terbarunya pada acara dan mengatakan, “Sutradara Yonebayashi menyatakan ‘Aku telah menghabiskan semua kehidupan kerasku di Ghibli selama 20 tahun!'”

Yonebayashi sebelumnya menyatakan bahwa dia ingin film berikutnya “berlawanan” dari When Marnie Was There. Studio Ponoc mengerjakan film Mary and the Witch’s Flower selama dua setengah tahun.

Selain menyutradarai, Yonebayashi juga menangani skenario film tersebut bersama dengan Riko Sakaguchi, yang menangani skenario film The Tale of the Princess Kaguya karya Takahata. Sedangkan komposisi lagunya ditangani oleh Takatsugu Muramatsu yang turut menangani film When Marnie Was There.

Selain itu, menurut laman situs resmi film Mary and the Witch’s Flower tertera banyak mantan staf Studio Ghibli bergabung dengan Ponoc dalam produksi film tersebut.

Film Mary and the Witch’s Flower akan tayang di Jepang pada tanggal 8 Juli 2017.

Sumber: ANN