Produser Kemono Friends Memohon Penggemar Untuk Tidak Menonton Anime Secara Ilegal

Produser dari serial animeKemono Friends memohon dengan sangat kepada pengikutnya di Twitter untuk tidak menonton animesecara ilegal. Yoshitada Fukuhara menyatakan tidak mempermasalahkan apabila penontonnya tidak mampu membeli (BD/DVD) serial, hanya saja jangan sampai menggunakan cara ilegal untuk menonton anime.

Orang-orang yang menonton video yang diunggah secara ilegal, lebih baik jika kamu berhenti karena itu melanggar hak cipta dan hanya mendatangkan uang bagi pengunggah ilegal tersebut lewat iklan. Kreator yang seharusnya menerima uang tersebut malah tidak menerima uang sepeserpun. Aku tidak mengatakan kamu harus membayar untuk menjadi seorang penggemar, hanya saja setidaknya jangan menggunakan situs streaming ilegal!

Meskipun memang menonton animeilegal itu tidak diperbolehkan, namun pada kenyataannya di industri anime kreator dan studio animasi seringkali menjadi pihak yang paling tidak diuntungkan dalam kesuksesan sebuah anime.

Fukuhara bukanlah orang yang pertama membahas soal unggahan animeilegal dan situs streaming ilegal, dan saya cukup yakin dia bukan menjadi yang terakhir.

Pemerintah Jepang sendiri kini tengah semakin gencar menumpas peredaran barang-barang ilegal, baik itu berupa file-sharing, penjualan merchandise bootleg, ataupun menghack mobile game. Belakangan Kementrian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang menerapkan metode otomatis untuk mencari unggahan ilegal.

Sumber: ANN