Konami Masih Baper dengan Hideo Kojima

Setelah drama panjang antara Hideo Kojima dengan Konami berakhir dengan keluarnya Kojima, mungkin banyak yang berpikir akhirnya tirai tertutup dan keduanya bisa mulai melangkah di jalannya masing-masing? Sayang sekali, sama sekali gak, Konami masih baper.

Sumber berita kenamaan Jepang, Nikkei, mengabarkan drama antara Kojima dan Konami masih terus berlanjut, salah satu penyebabnya adalah sindiran dar Hideo Kojima untuk serial game Metal Gear Survive.

Ketika ditanya pandangannya mengenai Metal Gear Survive pada acara panggung di Tokyo Game Show 2016, Kojima menjawab, “Aku gak tahu apa-apa soal itu,” kata Kojima. “Karena gak berkaitan sama sekali denganku, kan? Hmm, gimana ya? Ya, buatku, Metal (Gear) itu tentang spionase dengan fiksi politik, kan? Jadi, karenanya, gak ada alasan zombie bakal muncul.”

Metal Gear Survive merupakan serial Metal Gear pertama yang diumumkan setelah Kojima keluar dari Konami pada akhir 2015. Setelah komentar Kojima beredar di internet, rekaman video acara tersebut menghilang dari internet.

Menurut Nikkei, Konami mengirimkan surat kepada Kojima pada musim gugur 2016. Nikkei menyatakan surat tersebut bertuliskan, “Kamu mengotori reputasi perusahaan kami.” Nikkei menambahkan, tampaknya reaksi penonton TGS yang menertawakan hal tersebut membuat geram Konami.

Tidak hanya itu, Konami juga tidak membayar sebagian kompensansi yang harusnya diterima Kojima. Namun, perusahaan tersebut mengatakan kepada Nikkei bahwa mereka telah membayar sepantasnya. Kojima Production menolak mengomentari hal tersebut.

Tidak sampai disana, Nikkei melaporkan bahwa Kojima Production kesulitan untuk bergabung ke Asosiasi Asuransi Kesehatan IT Software Kanto. Asosiasi yang beranggotakan lebih dari 7.000 perusahaan ini menolak Kojima Production karena kabarnya Konami merupakan pemain besar di asosiasi ini.

Ketika Nikkei menanyakan masalah ini, Asosiasi Asuransi Kesehatan IT Software Kanto mengatakan, “Kami tidak dapat mengomentari masalah tersebut.”

Nikkei juga menyatakan bahwa Konami memberi peringatan terhadap perusahaan game besar untuk berhati-hati merekrut mantan karyawan Konami. Belum lagi, dikatakan juga bahwa mantan karyawan tidak pantas menyebut diri mereka sebagai “Mantan Konami” di karya baru ketika mempublikasikan karir mereka.

Sumber: Kotaku