Lomba Desain Maskot Olimpiade Tokyo 2020 Tawarkan Hadiah 1 Juta Yen!

Meskipun karakter anime populer seperti Goku, Luffy, Sailor Moon, dan Naruto telah didaulat sebagai “ambasador” Olimpiade Tokyo 2020, namun hingga kini perhelatan olahraga tersebut masih belum memiliki maskot resmi.

Karenanya, komite Olimpiade Tokyo 2020 menawarkan hadiah besar bagi pemenang lomba desain maskot yang tengah mereka adakan, 1.000.000 Yen (119,5 Juta Rupiah) untuk juara pertama, dan para finalis akan mendapatkan hadiah sebesar 100.000 Yen (11,95 juta Rupiah).

Kontes ini terbuka bagi warga negara Jepang dan warga negara asing yang tinggal di Jepang, selain itu diwajibkan untuk membuat desain untuk maskot Olimpiade dan Paralimpiade disertai kalimat profil karakter maskot.

Maskot memiliki tempat tersendiri bagi penduduk Jepang, bahkan ada kontes skala nasional untuk menentukan maskot daerah terbaik.

lomba desain maskot

Komite Olimpiade berharap maskot untuk tahun 2020 dapat menarik bagi penggemar dan menyambut para atlet yang bertanding. Karenanya, mereka meminta maskot tersebut harus dapat merepresentasikan warisan budaya Jepang.

Tamayo Marukawa, menteri Olimpiade menjelaskan mengenai pentingnya maskot dari segi budaya, “Maskot olimpiade, yang menyambut atlet serta pengunjung dari seluruh dunia, memiliki persan simbolis. Juga menejadi kesempatan bagus bagi seluruh anak Jepang untuk mempelajari masyarakat yang kohesif serta prinsip Olimpik dan Paralimpik, yang menyerukan perdamaian.”

Karenanya, meski tiga hingga empat finalis akan dipilih dan diumumkan oleh komite pada bulan Desember. Namun, pemenangnya akan ditentukan oleh pemungutan suara yang diikuti siswa Sekolah Dasar di seluruh Jepang. Nama dari maskot akan ditentukan oleh pihak profesional, setelah menerima masukan.

Bagi yang berminat untuk ikut serta kontes akan dibuka dari tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus, terbuka untuk segala usia namun bagi yang masih di bawah 18 tahun dapat ikut serta dengan mendaftarkan nama wali mereka.

Ketentuan lengkap mengenai lomba desain maskot dapat diakses disini, dan informasi lebih lanjut juga tersedia di laman situs resmi.

Sumber: Grapee