Miris, Sutradara Teknis Anime Veteran Dapatkan Gaji dibawah UMR

Lewat twitter, sutradara teknis anime Taiki Nishimura mencuitkan bahwa dia hanya mendapatkan gaji sebesar 100.000 Yen (sekitar 12 juta Rupiah) untuk setiap anime yang ia tangani. Nishimura bukanlah orang baru, dia telah berkecimpung di industri anime selama 20 tahun.

Gaji dibawah UMR tersebut tidak dapat menutupi kebutuhan hidupnya, Nishimura mengatakan bahwa dia membutuhkan setidaknya 150.000 Yen hingga 200.000 Yen penghasilan setiap bulannya.

Dia mengungkapkan bahwa dirinya ingin berkonsentrasi mengerjakan tidak lebih dari satu proyek anime, namun agar dapat mencukupi kebutuhan hidup, Nishimura harus menangani dua atau lebih anime di saat yang bersamaan.

Nishimura menjelaskan bahwa dia mendapatkan bayaran sebesar 230.000 Yen untuk setiap anime, dan satu anime dikerjakan hingga rampung selama dua bulan. Hasilnya, dia hanya mendapatkan 100.000 Yen per bulan dari setiap anime yang ia tangani.

Nishimura menambahkan bahwa bayaran tertinggi yang pernah ia terima untuk sebuah anime sejauh ini adalah 300.000 Yen, dan yang terendah adalah 160.000 Yen. Ironisnya, dia mengatakan bahwa anime dengan bayaran tertinggi diproduksi oleh perushaaan skala menengah, sedangkan anime dengan bayaran terendah justru diproduksi perusahaan besar. Nishimura mengatakan bahwa anime dimana dia mendapat bayaran tertinggi memiliki sponsor terkenal.

Dia mengatakan bahwa dirinya dapat hidup dengan 100.000 per bulan dari mengerjakan anime karena dia telah memiliki apartmen sendiri dan tidak perlu membayar biaya sewa. Selain itu, kadang-kadang dia juga menangani pekerjaan lain selain anime dengan bayaran yang lebih tinggi.

Jika pekerja di industri anime harus membayar biaya sewa rumah, Nishimura percaya bahwa mereka harus menangani lebih dari satu proyek di saat yang bersamaaan. Namun, bekerja di banyak proyek bersamaan membuat Nishimura tidak punya waktu untuk beristirahat. Dia merasa menderita, untungnya tidak sampai meninggal saat bekerja.

Nishimura telah bekerja sebagai sutradara episode untuk beberapa anime seperti Mobile Suit Gundam Seed Destiny, Aldnoah.Zero, Glass Fleet, School Rumble, dan Valvrave the Liberator. Selain itu dia juga pernah menulis skenario untuk Glass Fleet, Gilgamesh, dan Shutsugeki! Machine Robo Rescue.

Industri anime memang terkenal memiliki budaya kerja yang buruk dan gaji dibawah UMR Jepang. Namun, jika kamu berminat untuk menjadi animator di Jepang dengan bayaran yang menarik, saat ini Studio Ghibli tengah mencari animator baru untuk menangani anime terbaru dan terakhir Hayao Miyazaki.

Sumber: ANN