Ini Gaji Animator di Studio Ghibli

Studio Ghibli membuka lowongan untuk posisi animator, tentunya kesempatan yang gak boleh dilewatkan untuk kamu yang ingin berkarir di studio animasi Jepang.

Bukan hanya bakal bergabung di salah satu studio animasi paling terkenal di Jepang, jika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut, dipastikan kamu ikut menangani film terbaru dan terakhir dari Hayao Miyazaki.

Toshio Suzuki, produser Studio Ghibli (yang diduga menulis lowongan pekerjaan tersebut) menuliskan bahwa, “Untuk mengerjakan film ini, mohon pinjamkan tenaga para pemuda-pemudi. Masa produksinya tiga tahun. Kami mencari orang yang ingin bergabung untuk membuat karya ini.”

Lowongan ini terbuka untuk animator, dan juga pembuat ilustrasi latar. Studio Ghibli tidak mewajibkan pelamar kerja harus memiliki kewarganegaraan Jepang, atau sedang berada di Jepang, hanya saja pelamar harus berusia di atas 18 tahun dan bisa berbahasa Jepang. Kamu juga bisa melamar meskipun belum memiliki pengalaman kerja.


Kesempatan sekali seumur hidup untuk kamu yang ingin senam pagi bersama Mbah Miyazaki!

Namun, bisa saja kamu khawatir mengenai kesejahteraan hidup selama menjadi animator di studio Ghibli. Wajar sih, mengingat banyak berita yang menyatakan bahwa menjadi animator di Jepang itu identik dengan gaji kecil dan budaya kerja yang buruk.

Lantas, bagaimana Studio Ghibli memperlakukan para animatornya? Apakah sama saja dengan studio animasi lainnya?

Untungnya gaji animator di studio yang menelurkan karya-karya terkenal seperti Princess Mononoke dan Sprited Away ini jauh lebih layak, kamu tidak akan mendapat bayaran yang mengenaskan.

Pelamar yang berhasil diterima akan mulai kerja pada tanggal 1 Oktober 2017, dan mendapat kontrak selama tiga tahun. Gaji animator dan ilustrator yang ditawarkan lebih dari 200.000 Yen (sekitar 24 Juta rupiah) per bulan dengan dua kali bonus tahunan.

Tidak hanya itu, Studio Ghibli juga akan membayarkan biaya transportasi dari rumah ke kantor, meskipun ada batasan tertentu. Jam kerja adalah dari jam 10 pagi hingga 7 malam, dengan waktu istirahat selama satu jam. Tapi sepertinya kamu tidak akan bebas dari yang namanya lembur.

200.000 Yen untuk gaji animator di Jepang terbilang luar biasa tinggi, mengingat Studio Khara hanya menawarkan gaji sebesar 40.000 Yen untuk animator baru, bahkan studio P.A.Works mewajibkan animatornya (yang tidak layak) untuk membayar agar dapat terus bekerja.

Jika berminat, kamu bisa melihat informasi lebih lanjut pada situs Studio Ghibli.