Mekanisme Antikythera Sempat Muncul di 2 Anime Ini

Laman utama Google pada Rabu (5/16) dihiasi oleh doodle yang memperingati penemuan mekanisme Antikythera yang ke-115, dimana semua unsur mekanisme tersebut dibentuk menjadi tulisan “Google”.

Pertama kali ditemukan di bangkai kapal era romawi yang karam di laut Aegean, namanya sendiri berasal dari pulau Kythera dan dianggap sebagai komputer pertama dan tertua di dunia.

Google menuliskan bahwa mekanisme Antikythera digunakan untuk melacak posisi planet, memprediksi gerhana bulan dan matahari, bahkan memberi sinyal untuk olimpiade beriktunya.

Saat ini model rekonstruksinya dapat dilihat di museum yang terletak di Yunani, tapi tahu gak sih kalau mekanisme Antikythera juga sempat muncul di 2 anime ini.

Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!

Dalam sebuah adegan di anime ini, tokoh utama Riika diperlihatkan sedang mengangkat dua objek misterius. Salah satunya adalah artifak yang terlihat menyerupai mekanisme Antikythera.

Yu-Gi-Oh! ZEXAL

Pada episode ke-304, artifak tersebut hadir sebagai kartu trap bernama Antikythera Gear. Kartu ini dapat diaktifkan ketika monster musuh melakukan serangan, jika musuh mengendalikan 2 atau lebih monster menghadap ke atas, penggunanya dapat memilih satu monster selain monster yang melakukan serangan dan merubahnya menjadi posisi defensif.