196 Negara Akan Direpresentasikan Lewat Desain Kimono Pada Proyek Ambisius Ini

Organisasi Jepang Imagine Oneworld, Inc tengah mempromosikan keindahan kimono tradisional Jepang semenjak tahun lalu, sembari berusaha mempersatukan beragam budaya yang ada di seluruh dunia.

Sesuai namanya, Imagine Oneworld Kimono Project bertujuan untuk membuat kimono yang dapat merepresentasikan 196 negara di tahun 2020, setiap desainnya akan merefleksikan keunikan budaya serta karakteristik negara tersebut.

Sejauh ini mereka telah membuat 55 desain Kimono, namun masih ada 141 kimono yang belum dibuat. Butuh keahlian serta biaya tinggi untuk membuatnya, karenanya Oneworld baru-baru ini meluncurkan laman crowdfunding untuk mengumulkan dana guna menyelesaikan proyek.

Berikut adalah beberapa kimono yang telah mereka rampungkan

Korea Selatan

Portugal

Irlandia

Austria

Fiji

Vietnam

Indonesia

Oneworld membutuhkan dana sekitar 500 juta Yen guna merampungkan proyek ini, dimana 120 juta Yen diharapkan bisa dikumpulkan lewat crowdfunding yang tengah mereka lakukan. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk produksi kimono serta acara pameran.

Penyokong dana dapat memberikan kontribusi mulai dari 3.000 Yen, dan akan mendapatkan beragam hadiah mulai dari case iPhone, tumbler, dan stiker kuku dari desain-desain negara. Serta ada juga hadiah untuk penyokong dana yang lebih banyak, seperti dompet ekslusif serta taplak meja.

Tonton video di bawah ini untuk mengintip proses desain Kimono di proyek ini.