Menteri Susi Pudjiastuti Ingin Ketemu Dengan Mangaka Yang Menggambar Dirinya

Aksi menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti dalam memerangi pelaku illegal fishing di Indonesia bukan hanya menarik perhatian warna negara Indonesia tapi juga seluruh dunia, termasuk Jepang.

Menteri Susi Pudjiastuti sendiri pernah diliput oleh media Jepang dan banyak netizen negara tersebut membandingkannya dengan sosok karakter Balalaika dari anime Black Lagoon. Selain itu, baru-baru ini beredar foto yang memperlihatkan sosoknya dalam manga Golgo 13.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang, Susi Pudjiastuti ternyata ingin bertemu dengan mangaka serial tersebut, Takao Saito yang tinggal di Wakayama.

Kepada Tribunnews.com, Menteri Susi menanyakan berapa lama waktu tempuh Tokyo ke Wakayama karena dirinya ingin bertemu mangaka tersebut kalau bisa.

Jilid manga Golgo 13 yang menampilkan sosok Menteri Susi sebagai kameo berisikan cerita mengenai tiga tema, salah satunya menceritakan pertemuan Jepang-ASEAN yang menampilkan sosok sang menteri meledakkan kapal-kapal pelaku illegal fishing.

Menteri Susi Pudjiastuti di Manga Jepang

“Kalau melanggar hukum ya jadi begini. Ayo kita perlihatkan kepada mereka (pelaku illegal fishing) jadinya begini loh,” ujar Menteri Susi dalam komik sebelum meledakkan kapal tersebut.

Menteri Susi Pudjiastuti merasa manga yang menampilkan dirinya menarik sekali

Berkat komik tersebut, popularitas dirinya menjadi tinggi. “Wah menteri seperti itu bagus sekali. Sayang sekali di Jepang tak ada yang berani melakukan seperti Ibu Susi ya, terutama gangguan terhadap kapal-kapal China setiap hari banyak memasuki teritorial Jepang,” ujar seorang polisi Jepang yang tak mau disebutkan namanya, seperti dikutip dari Tribunnews.com

Sayangnya kali ini Menteri Susi tidak berkesempatan menemui mangaka Takao Saito, namun dia berencana menemui komikus tersebut Agustus mendantang apabila dia kembali lagi ke Jepang.

Sumber: Tribunnews.com