Kebanyakan Bekerja, Animator Naruto dan Bleach Meninggal di Studio

Menjadi seorang animator di studio anime bukanlah hal yang mudah, tidak sedikit animator yang harus bekerja hingga lebih dari 80 jam sehari. Meskipun tidak begitu sering diberitakan, tapi saya yakin karoshi (mati karena kebanyakan bekerja) juga umum terjadi di industri anime ini. Pada 19 Maret lalu, seorang animator Naruto dan Bleach, Kazunori Mizuno, ditemukan meninggal di studionya.

Kazunori Mizuno adalah animator senior berusia 52 tahun yang telah menangani beragam anime, dua di antaranya adalah Bleach dan Naruto Shippuden. Dia jugalah yang menangani pembuatan opening 10 serial anime Bleach, opening 11, dan ending 24 Naruto Shippuden.

Semenjak berita duka cita tersebut dikabarkan oleh Kazuyoshi Yaginuma (Naruto Movie) lewat cuitannya di twitter, banyak ucapan bela sungkawa datang dari dalam maupun luar negeri.

Memang hingga saat ini belum diumumkan penyebab meninggalnya Mizuno namun banyak yang mendunga dia meninggal karena kebanyakan bekerja. Menurut Yaginuma, Mizuno yang sedang bekerja di studio mengatakan ingin tidur siang selama 1 jam, dan meninggal saat sedang tidur.

Sumber: Crunchyroll