Industri Musik Anime, Stagnan dan Tidak Menguntungkan

Beberapa perusahaan rekaman musik di Jepang yang merilis musik anime baru-baru ini bekerjasama untuk mendirikan sebuah perusahaan musik anime baru bernama ANiUTa. Direktur baru yang terpilih untuk memimpin perusahaan tersebut, Shiro Sasaki baru-baru ini mengungkapkan pendapanya mengenai industri musik anime yang semakin stagnan dan sudah tidak menguntungkan.

Sasaki menjelaskan, “Lebih jelasnya, kami membentuk perusahaan ini demi masa depan anime yang berkelanjutan… Memikirkan tentang indsutri anime pada umumnya, namun sistem yang menggantungkan semua biaya dengan penjualan Blu-ray dan DVD semakin stagnan dan tidak menguntungkan. Karena yang paling berkaitan dengan produk anime adalah musik anime, sudah sewajarnya mengalami tren penurunan yang serupa.”

Dia percaya ini disebabkan oleh semakin banyaknya tipe penggemar anime yang membeli beragam merchandise, mengunjungi acara anime namun tidak membeli Blu-ray, DVD ataupun CD Musik.

Sasaki yakin dengan bermunculannya judul mainstream seperti your name., persepsi bahwa anime hanyalah untuk otaku garis keras akan berubah, dan akan mempermudah industri anime untuk merambah lebih banyak penonton kasual.

Sasaki mengatakan, “Jika orang-orang muda tidak menjadi penggemar, industri (anime) akan terus menyusut.” Dia juga mengakui pentingnya merambah penggemar anime di luar Jepang.

Sumber: ANN