Mana Lebih Untung: Susun Liburan Sendiri atau Gunakan Jasa Travel Agent ke Jepang

Buat kamu yang ingin liburan untuk pertama kalinya ke Jepang mungkin sedang bimbang, harus susun liburan sendiri atau gunakan jasa travel agent ke Jepang. Daripada bingung, baca dulu keuntungan dan kerugiannya jika kita liburan sendiri ke Jepang dan menggunakan jasa travel agent menurut situs urbanlife.

Sendiri harga lebih murah, travel agent bisa jadi lebih mahal

Liburan sendiri selalu terasa lebih murah dibandingkan dengan menggunakan travel agent. Emangnya benar gitu? Gak juga sih. Kebanyakan orang yang memutuskan liburan sendiri, ada kalanya malah merogoh kocek lebih dalam dibandingkan orang yang liburan dengan menggunakan jasa travel agent ke Jepang.

Lalu mengapa banyak beredar fakta bahwa liburan sendiri lebih murah?

Liburan sendiri bisa lebih murah asalkan kita menggunakan akomodasi yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk lewat layanan seperti AirBnB. Nah, daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi, kita juga bisa ngirit biaya dengan menggunakan angkutan umum.

Jika menggunakan fasilitas yang lebih nyaman dan bagus liburan dengan menggunakan travel agent akan jauh lebih murah.

Kebanyakan jasa travel agent memiliki perjanjian atau kontrak ke beberapa hotel, tempat wisata bahkan alat transportasi. Salah satu alasan liburan sendiri terasa lebih murah dibandingkan travel agent adalah karena perbedaan cara pembayaran.

Traveling dengan menggunakan travel agent biasanya wajib membayarkan uang muka sebesar 50 persen. Wajib dilunasi 2 minggu sebelum keberangkatan.

Sedangkan jika memilih liburan sendiri, kita bisa membayar sedikit demi sedikit. Sebelum berangkat mungkin kita bisa membayar tiket pesawat dan hotel, sisanya dilunasi saat di lokasi.

Liburan sendiri tanggal bisa fleksibel, namun tidak dengan travel agent

Liburan sendiri akan lebih efektif jika rencana liburan disusun secara mendadak. Contoh, jika kita ingin pergi ke Jepang minggu depan atau mungkin dua hari ke depan cuma buat melihat bunga sakura.

Namun jika kamu sudah menyusun rencana liburan dari jauh–jauh hari, maka jasa travel agent bisa dikondisikan sesuai kebutuhan. Terlebih lagi jika kita ingin traveling bersama keluarga besar. Jasa travel agent akan memberi banyak kemudahan.

Sendiri bisa bebas menentukan destinasi, travel agent pakai jadwal

Misalnya kamu ingin keliling ke Akihabara, kemudian hijrah ke Ikebukuro. Kalau liburan sendiri sih kamu akan bebas menentukan destinasi. Sayangnya bila kamu mengikuti tur yang disediakan travel agent, biasanya jadwal tempat destinasi wisata sudah ditata sedemkian rupa.

Namun travel agent biasanya akan menyediakan pemandu wisata yang akan memandu perjalanan akan memberikan banyak informasi. Biasanya informasi yang mereka berikan gak ada di buku manapun dan gak banyak orang yang tahu.

Siap–siap repot menentukan destinasi kalau liburan sendiri, sementara dengan travel agent cukup duduk manis

Liburan sendiri juga mempunyai keuntungan yang gak dimiliki travel agent. Ada beberapa destinasi yang gak selalu dikunjungi jika kita menggunakan travel agent. Dengan liburan sendiri, kita bisa menghabiskan waktu lebih lama di maid cafe ataupun keliling di toranoana.


Travel agent? boro-boro

Kerugian dari liburan sendiri adalah kadang kita menghabiskan waktu hanya di beberapa tempat saja lalu lupa mengunjungi tempat–tempat yang unik. Dengan menggunakan jasa travel agent, kita akan diajak keliling ke lebih banyak tempat. Sekaligus ngurangin resiko khilaf.

Sendiri bisa memilih fasilitas yang sesuai keinginan, mungkinkah travel agent bisa?

travel agent ke jepang

Ada beberapa fasilitas yang gak semua travel agent mampu berikan kepada konsumen mereka. Biasanya travel agent akan mikir dua kali jika konsumen meminta penginapan yang sangat murah seperti hostel atau rumah penduduk.

Hal ini berdampak pada kepuasan konsumen yang mungkin gak bisa maksimal. Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi travel agent. Jika ingin menggunakan fasilitas yang sangat murah, lebih baik gak menggunakan jasa travel agent.

Kesimpulannya, jika kamu punya waktu luang dan ingin lebih menghemat uang gak ada salahnya kamu mencoba mengatur liburan sendiri. Tapi kalau kamu sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas harian, akan lebih bijaksana menggunakan jasa travel agent ke Jepang. Pilihlah travel agent yang enak diajak berdiskusi supaya keinginan liburan kita bisa tersalurkan.

Sumber: Urbanlife.id