Kenapa Anime Index Season 3 Masih Belum Juga Diumumkan?

“Surprise!” atau mungkin, gak. Serial anime Index season 3 yang sudah lama ditunggu penonton anime kekinian lagi-lagi masih belum menemukan titik cerah, sang editor cuma meminta kita untuk “Mohon bersabar.”

Untung saja dia gak pakai tambahan “Ini ujian,” kalau iya mungkin sebaiknya dia mencoba banting setir jadi politisi di Indonesia.

anime index season 3

Bersamaaan dengan itu, serial light novel Kino no Tabi yang sekarang mungkin cuma dikenali oleh para oldfag atau pembaca setia baka-tsuki malah mendapatkan adaptasi anime lagi.

Alasan dari keputusan tersebut pastinya memang hanya bisa dijawab oleh empunya novel tersebut tapi kalau saya disuruh nebak, pasti soal cuan. Light novel kedua serial tersebut sama-sama diterbitkan oleh Dengeki Bunko, imprint dari salah satu penerbit terbesar di Jepang, Kadokawa.

Berdasarkan data, ada keterkaitan antara penayangan anime dan penjualan light novel.

Ketika anime KonoSuba! tayang, penjualan novelnya yang diterbitkan oleh Kadokawa naik 4 kali lipat menjadi 757.412 eksemplar. Begitu pula saat Re:Zero, sama-sama terbitan Kadokawa juga, mendapatkan adaptasi anime, tercatat per September 2016 serial ini sudah terjual lebih dari 2 juta eksemplar.

Kadokawa sebagai penerbit tentunya mendulang cuan berkat meningkatnya penjualan kedua serial tersebut, karenanya gak mengherankan semakin banyak serial light novel penerbit tersebut mendapatkan adaptasi anime.

Salah satu prediksi saya kenapa Index season 3 tidak kunjung muncul, sepertinya disebabkan serial light novelnya sudah tamat. Belum lagi Index sudah menorehkan penjualan sebanyak 10 juta eksemplar.

Melihat ini mungkin Kadokawa merasa sudah tidak perlu lagi mengiklankan serial ini dalam bentuk anime. Lebih baik mereka fokus menangani serial lainnya yang butuh promosi. Ya, misalnya Kino no Tabi itu.

Meskipun serial light novel karangan Keiichi Sigsawa ini pertama kali terbit tahun 2000 dan telah terjual sebanyak 8 juta eksemplar. Novelnya masih terbit, dan penjualannya mungkin masih dirasa kurang bagi Kadokawa.

Bagian pemasaran Kadokawa mungkin memprediksi dengan adanya adaptasi anime baru, para pembaca setia akan terus membeli serial ini dan merchandise yang berkaitan dengannya, sedangkan pembaca baru akan bertambah seiring penayangan anime-nya.

Tentu saja ini semua cuma prediksi saya, siapa tahu tahun depan anime Index season 3 malah diumumkan. Kalau menurut kalian bagaimana?