5 Inovasi Teknologi Jepang Yang Mengubah Dunia

Jepang adalah salah satu yang paling maju dalam bidang teknologi, berbagai macam inovasi yang mereka buat telah diakui dan digunakan di seluruh dunia. Negara ini merupakan rumah dari 10% perusahaan paling inovatif di dunia menurut hasil analisa Forbes. Tapi dari sekian banyak inovasi teknologi Jepang, 5 hal inilah yang dianggap mengubah dunia.

1. Kereta Super Cepat (1964)


Kereta super cepat yang dikenal dengan sebutan Shinkansen adalah inovasi teknologi dari Jepang yang membuat transportasi antar kota semakun mudah dan cepat. Dulu, perjalanan Tokyo – Osaka membutuhkan waktu 6 jam, setelah Hikari No.1 dibuat pada tahun 1964, waktu tempuh dipangkas menjadi 4 jam perjalanan.

2. Kalkulator Saku (1970)

inovasi teknologi jepang
Sebelum inovasi kalkulator saku ditemukan, orang-orang harus membawa kalkulator yang cukup besar. Namun, semenjak inovasi teknologi ini hadir bahkan siswa sekolah pun dapat membawanya kemana saja.

3. Walkman (1979)


Hampir gak ada anak 90-an yang gak kenal dengan inovasi satu ini. Teknologi besutan Sony ini mempermudah siapapun untuk membawa dan mendengarkan musik pilihannya kemana saja. Sebelum walkman lahir, satu-satunya cara untuk mendengarkan musik adalah melalui radio portable. Industri musik sudah sepatutnya berterimakasih kepada teknologi ini.

4. LED Sinar Biru (1990)


Tanpa inovasi yang ditemukan oleh 3 orang ilmuwan Jepang, Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura, mungkin hingga saat ini kita tidak akan bisa menikmati teknologi lainnya seperti teknologi lampu dan TV hemat energi, layar komputer, bahkan smartphone.

5. Robot Android (2003)

Dulu robot android dianggap hanya bisa hadir di cerita fiksi ilmia, namun hal tersebut menjadi nyata berkat inovasi teknologi Jepang. Robot android kini bukanlah hal yang spesial, bahkan sudah mulai banyak dikembangkan di dunia. Tercatat Jepang adalah pembuat robot mirip manusia pertama di tahun 2003.

Sumber: WEforum