4 Hal Yang Bikin Sewa Rumah di Jepang Jadi Merepotkan

Berpikiran untuk mencari kerja di Jepang? Selain mencari pekerjaannya kamu juga harus memikirkan soal tempat tinggal selama kamu bekerja di Jepang. Tapi ternyata sewa rumah di Jepang gak semudah yang mungkin kamu bayangkan.

sewa rumah di Jepang

Ini 4 masalah yang biasanya akan kamu hadapi seperti dirangkum dari GaijinPot.

1. Sewa rumah di Jepang ketika kamu masih di luar negeri itu merepotkan

Mungkin kamu kepikiran untuk menyewa rumah sebelum tiba di Jepang, setidaknya agar kamu tidak harus menginap di hotel selama sebulan penuh. Namun kebanyakan agen real estate di Jepang hanya mau melayanimu setibanya kamu di Jepang.

2. Kamu harus bisa berbahasa Jepang

Meskipun Jepang adalah negara maju, namun tidak semua penduduknya jago berbahasa inggris. Bila kamu tidak bisa berbahasa Jepang, kemungkinan besar kamu akan kesulitan ketika melakukan negosiasi dengan agen real estate di Jepang.

3. Tidak punya penjamin

Ketika seseorang memutuskan menyewa rumah di Jepang, umumnya agen real estate akan meminta seorang penjamin. Penjamin inilah yang akan bertanggung jawab membayar sewa apabila sang penyewa tidak sanggup membayar. Jika kamu tidak memiliki teman, saudara, atau rekan kerja yang bersedia menjadi penjamin kemungkinan besar kamu tidak akan bisa menyewa rumah.

4. Harus punya rekening bank Jepang

Berhasil menemukan penjamin? Bagus. Kini kamu tinggal membayar biaya sewa, sayangnya untuk melakukannya kamu harus mempunyai rekening di Bank Jepang. Gak punya? Sayang sekali, biasanya pihak Jepang tidak menerima rekening bank luar negeri dan kartu kredit.

Sumber: GaijinPot