Ini Alasan Desain Karakter Light Novel dan Anime KonoSuba Berbeda

Penasaran kenapa desain karakter light novel dan anime KonoSuba berbeda?

Koichi Kikuta bukan nama baru di dunia anime, dia sudah pernah mengisi posisi key animator dan sutradara animasi. Namun, KonoSuba adalah anime pertama dimana dia juga menangani desain karakternya.

Kikuta mengakui bahwa ilustrasi light novel KonoSuba sangatlah imut, hingga membuatnya berpikir “Keimutan itu… di luar kemampuanku menggambar!”. Dia mengungkapkan bahwa perbedaan desain light novel dan anime dikarenakan dirinya ingin menghadirkan kesan individual dari masing-masing karakter.

Ketimbang memperlihatkan sisi imut seperti di serial light novelnya, keimutan para karakter di anime Konosuba hanya tersisa separuhnya. Separuhnya lagi digunakan untuk memperlihatkan sisi mereka yang lebih ‘manusiawi’, seperti sifat yang menjadikan mereka tidak menarik dan saat-saat mereka sedang stress.

Dia menginginkan perbedaan umur dan fisik dari para karakter bisa lebih menonjol, dan secara terang-terangan Kikuta mengatakan ingin membuat desain karakter yang mempermudahnya untuk membayangkan bagaimana tampang mereka ketika sedang muntah.

Pada saat audisi desain karakter KonoSuba, Kikuta menyerahkan desain yang benar-benar mengikuti gayanya sendiri, hanya saja sutradara animenya meminta untuk membuat desain yang lebih menyerupai serial light novelnya. Dia pun memutuskan untuk merevisinya sekali lagi agar dirinya lolos audisi.

Namun setelah lolos audisi, dia kembali merevisi desain tersebut dari awal, menjadikannya lebih menyerupai anime anak-anak.

Sumber: WaveMotionCannon