Ini Murid Miyazaki Dari Studio Ghibli Yang Ikut Tangani ‘your name.’

Namanya mungkin jarang disebut, tapi Masashi Ando adalah salah satu sutradara animasi yang terlibat menangani film animasi ‘your name.’.

masashi-ando studio ghibli

Pria yang lahir tahun 1969 di Hiroshima ini merupakan salah satu murid terbaik dari Hayao Miyazaki. Ando memulai karirnya sebagai animator di Studio Ghibli, dimana dia mendesain karakter untuk Mononoke Hime dan Spirited Away.

Dia sempat meninggalkan studio tersebut untuk bekerjasama dengan Satoshi Kon pada anime Paranoia Agent dan Paprika. Setelahnya, Ando sempat kembali bergabung ke Studio Ghibli untuk menangani The Tale of Princess Kaguya.

Meskipun demikian sutradara your name., Makoto Shinkai , tidak merasa bahwa tim animasi yang berada di bawahnya adalah reboot dari Studio Ghibli yang didirikan Miyazaki. “Saya tidak pernah merasakan pengaruh artistik Miyazaki dalam Ando sama sekali. Kalaupun ada pengaruh, lebih ke arah bagaimana sikap dia bekerja,” ujar Shinkai.

“Ketika Ando tiba di studio, dia mengambil pena bahkan sebelum minum teh, dan dia tetap duduk bekerja hingga kereta terakhir pada malam hari.”

“Dia hampir tidak makan, hanya mengudap bola nasi di mejanya. Bahkan dia hampir tidak pernah ke toilet.” “Ketika aku melihatnya, aku seperti melihat biksu di biara, dan aku berkata kepada diriku sendiri mungkin seperti inilah orang di Studio Ghibli bekerja.”

Bahkan Ando sangat ingin tetap melanjutkan pekerjaan anime ini, namun saat tim produksi sudah kehabisan uang mau tidak mau dia harus berhenti. Shinkai pun mengakui banyak hal yang tidak dapat mereka lakukan pada produksi film your name. ini.

Sumber: AFP