Event Lapras Pokemon GO Sukses Undang Pengunjung ke Daerah Yang Terkena Tsunami

Niantic berharap event lapras di Pokemon GO mampu mendongkrak kunjungan turis ke Iwate, Miyagi dan Fukushima, tiga daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami 2011, tampaknya mereka sukses.

Lebih dari 10.000 orang mengunjungi prefektur Miyagi untuk mengikuti event lapras pada hari Sabtu (12/11/2016) lalu. Untuk menyemarakkan acara tersebut, prefektur tersebut juga mengadakan event di taman Nakaze. Gubernur Miyagi, Yoshihiro Murai, turut hadir pada acara tersebut dan menyampaikan pesan untuk para trainer:

event lapras poke1

Sudah lebih dari lima tahun semenjak bencana gempa, dan kerusakan area yang terdampak juga terus berlanjut sedikit demi sedikit. Situasi sulit terus berlanjut, tapi saya ingin orang-orang mengunjungi area yang terdampak mulai dari Ishinomaki dua atau tiga kali dalam kesempatan ini.

Pemain Pokemon GO tampak berkumpul di pusat kota pesisir Miyagi, bahkan ada tur bus yang membawa pengunjung ke peninsula Oshika, kota Ogatsu dan daerah Okumatsushima. Gak cuma menangkap lapras, para pokemon trainer juga berkesempatan mencicipi kuliner lokal, bahkan ada booth yang didirikan agar pemain bisa menominasikan lokasi Pokestop baru.

Penjualan di toko-toko daerah tersebut dikabarkan meningkat dua kali lipat dibandingkan minggu lalu.

Sayangnya, acara tersebut juga membawa sedikit kekacauan di Miyagi.

event lapras poke2

Kemacetan pada tanggal 12 hingga 13 November lalu mengganggu kehidupan sehari-hari warga. Meskipun tidak ada penduduk yang mengeluh soal kondisi pejalan kaki, banyak pemain melihat smartphone saat berjalan tanpa memperhatikan sekelilingnya. Tidak jarang pemain tiba-tiba melompat ke jalan dan mereka yang bermain sambil mengemudi seringkali berhenti mendadak di jalanan sempit.

Kantor polisi di Ishinomaki, Miyagi menerima keluhan dalam jumlah banyak terkait mobil yang parkir sembarangan. Masalah parkir dan kendaraan yang melaju pelan membuat polisi untuk mengirimkan mobil patroli. Polisi juga menyelidiki laporan mengenai orang-orang mencurigakan dan anak hilang.

Event lapras di Jepang akan terus berlanjut di daerah Tohoku hingga tanggal 23 November. Pengunjung disarankan untuk sopan santun dan mematuhi peraturan sehingga semuanya dapat menikmati acara regional pertama aplikasi Pokemon GO.

Sumber: ANN