Pendiri Gainax: ‘Kimi no Na wa’ Itu Sampah

Toshio Okada memberikan kritik untuk film terbaru Makoto Shinkai, Kimi no Na wa.

toshio-okada

Nama Toshio Okada mungkin sudah gak asing buat yang lama berkecimpung di dunia anime sebagai salah seorang pendiri studio anime kenamaan Gainax. Meskipun sudah pensiun dari posisinya sebagai Direktur pada tahun 1992, pria berusia 58 tahun ini masih dikenal sebagai otaku, menulis buku, menjadi pembicara di TV dan juga mengajar.

Dalam sebuah perkuliahan di Kyoto, dia ikut berkomentar soal karya terbaru Shinkai.

Kimi no Na wa adalah hit besar. Banyak wanita yang bilang menganggap film ini sebagai sebuah masterpiece, dan itu membuatku khawatir dengan masa depan Jepang. Ayolah, film ini cuma menggunakan bagian bagus dari film dan manga yang terjual baik di masa lalu. Ini (Kimi no Na wa) sampah. Sebagai orang yang telah lama berkecimpung di anime, tidak sedetik pun aku merasa Kimi no Na wa itu menarik atau mengharukan. Serius, cerita dan naskahnya jelek banget. Bahkan membandingkannya dengan karya Hayao Miyazaki adalah sebuah kesalahan.

Para sesepuh dunia anime memang tidak jarang memberi kritik kepada para pelaku industri anime saat ini – atau ke sesamanya, seperti misalnya Yoshiyuki Tomino yang menyampaikan kepada sutradara Kabaneri of the Iron Fotress bahwa ide keretanya tidak bagus. Juga Sutradara Ghost in the Shell, Mamoru Oshii, yang pernah mengkritik Mamoru Hosoda dan Hideaki Anno, dan tidak jarang mengejek Studio Ghibli.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju dengan pendapat Toshio Okada kalau Kimi no Na wa itu sampah?

Sumber: Crunchyroll