Makoto Shinkai Angkat Bicara Tentang Jadwal Tayang Film Berikutnya

Sutradara satu ini meminta untuk tidak disejajarkan dengan Hayao Miyazaki.

Film terbarunya, Kimi no Na Wa, telah memperoleh pendapatan sebesar 18 Milyar Yen menjadikannya film paling sukses keempat dalam sejarah perfilman Jepang. “Saya tidak pernah menyangka film ini akan begitu sukses di Jepang. Saya terkejut melihat fakta ada 10 juta orang pergi ke bioskop (untuk menontonnya)” ujar Shinkai saat menerima penghargaan “Hit Maker of the Year 2016” di Tokyo pada tanggal 12 November.

“Saat ini saya masih menghabiskan waktu untuk kegiatan promosional (untuk Kimi no Na Wa.), biasanya saat ini saya sudah harus mulai bekerja untuk film berikutnya,” ungkapnya saat menggelar talk show, “Masih belum ada yang diputuskan, tapi untuk merampungkan filmku dalam tiga tahun, saya harus mulai menulis proposal dan skenario pada akhir tahun ini, lumayan mepet. Dalam satu atau dua bulan saya akan mendengarkan dengan baik dan membuka mata lebar-lebar untuk memahami apa yang penonton inginkan.”

Makoto Shinkai mulai dicap sebagai penerus Hayao Miyazaki.

shinkai-1

“Menyamakan saya dengan Hayao Miyazaki itu berlebihan. Saya tidak bisa menjadi sepertinya. Dia mempunyai cara penyutradaraan yang hanya bisa dilakukannya. saya merasakannya lagi ketika menonton Porco Rosso kemarin malam,” jawabnya ketika mendapat pertanyaan mengenai bermunculan pujian yang menyamakan dia dengan sutradara dan animator anime terkenal Hayao Miyazaki.

“Saya harus terus membuat film, karena saya memilih sutradara anime sebagai pekerjaan. Saya tidak punya pilihan selain menargetkan hal yang berbeda. Miyazaki memiliki Joe Hisaishi sebagai komposer untuk filmnya. Seperti kolaborasiku dengan RADWIMPS, saya harus membuat film berdasarkan musik upbeat. Tidak mungkin saya bisa mengejar orang besar sepertinya (Hayao Miyazaki) bila mengikuti jejaknya.”

Sumber: Crunchyroll