Uang Makan Keluarga Sutradara Anime Ini Cuma 13.000 Rupiah Per Hari

Dan kamu kira hanya animator yang dapat bayaran kecil, SALAH.

Setelah animator kali ini seorang sutradara anime turut berbagi ceritanya tentang betapa buruknya kondisi industri anime di Jepang.

sutradara anime sunao-katabuchi

Sunao Katabuchi adalah sutradara dari anime Black Lagoon dan Mai-Mai Miracles. Dia baru saja selesai menangani adaptasi anime dari manga Kono Sekai no Katasumi ni karya Fumiyo Kouno. Proyek anime yang menceritakan kehidupan keluarga saat Amerika menjatuhkan bom atom ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2012.

Yang mengejutkan adalah, pada halaman profil di proyek tersebut, Katabuchi menjelaskan bahwa ada masa dimana saking miskinnya dia hanya menganggarkan 100 Yen (~13.000 Rupiah) setiap harinya untuk masuk ke uang makan keluarganya.

Katabuchi tidak sendiri, ada sutradara anime lain yang mengalami hal serupa

denno-coil

Sutradara dan penulis skenario Mitsuo Ise ikut berbicara, saat dia tengah mengerjakan anime Den-noh Coil, serial anime tahun 2007 yang tayang di stasiun NHK, mendapat penghargaan Japan Media Arts Festival, Tokyo International Anime Fair bahkan Seiun Award, dia berhasil membuat orang pajak kaget karena pendapatan tahunannya hanya sebesar 200.000 Yen (~25 Juta Rupiah).

Masih mau kerja di studio anime Jepang setelah membaca ini?

Sumber: Crunchyroll