Makoto Shinkai Berhasil Kalahkan Hayao Miyazaki

Setelah sembilan minggu tayang di Jepang, film terbaru Makoto Shinkai Your Name. berhasil mengalahkan pendapatan film yang disutradarai oleh salah seorang pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki.

Bulan lalu, film romantis tersebut berhasil menembus pendapatan 10 Milyar Yen, angka yang sebelumnya hanya bisa dicapai oleh seorang sutradara film anime Jepang yaitu Hayao Miyazaki. Namun sekarang, film berjudul asli Kimi no Na Wa ini tidak hanya setara, bahkan sudah melewati film karya sutradara kawakan tersebut.

Semenjak tanggal 23 Oktober, pendapatan film Your Name. telah mencapai 16,4 Milyar Yen, lebih banyak dari film The Wind Rises dan Ponyo yang dibuat Miyazaki dan ‘hanya’ memperoleh pendapatan masing-masing sebesar 12,2 Milyar dan 15,5 Milyar Yen.

Gak cuma itu, Your Name kini juga menduduki peringkat ke-5 film buatan Jepang dengan pendapatan terbesar dan peringkat ke-9 film yang tayang di Jepang dengan pendapatan terbesar. Film ini juga telah mengalahkan film Avatar karya James Cameron, yang di Jepang hanya berhasil menjual tiket dengan total 15,6 Milyar Yen.

Namun, sepertinya masih mustahil bagi film terbaru Shinkai ini untuk mengalahkan film Spirited Away karya Hayao Mizayaki, yang berhasil mengantarkan Miyazaki memperoleh Piala Oscar untuk kategori Animasi dan mendapatkan perolehan box office dengan total 30,4 Milyar Yen.

shinkai

Mungkin dia akan mencapainya di film berikutnya? Hanya waktu yang bisa menjawab, tapi yang jelas Shinkai sudah berhasil membawa anime Jepang ke tahap baru yang mungkin bisa mengubah produksi dan pemasaran anime di Jepang.

Sumber: RocketNews24