Ini Alasan Mengapa Pokemon Tidak Muncul di Penutupan Olimpiade 2016

​Dengan hadirnya Kapten Tsubasa, Pac-Man, Doraemon , Hello Kitty, dan Perdana Menteri Jepang yang cosplay sebagai Mario pada acara penutupan Olimpiade Rio 2016, banyak yang mempertanyakan kenapa Pokémon tidak ditampilkan.

Pokemon memang tengah kembali populer berkat game Pokémon GO, absennya seri tersebut pada penutupan Olimpiade Rio adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari menurut orang dalam yang terlibat menanganinya. 

Namun, menurut Buzzfeed Japan, seorang anggota komite Olimpiade Tokyo mengatakan penyebab kita tidak dapat melihat pokémon pada upacara penutupan tersebut dikarenakan tim yang bertugas menangani hal tersebut telah menyiapkannya semenjak bulan Januari, jauh sebelum booming pokémon GO. Ditambah lagi game Mario lebih laris dari game Pokémon (320 juta vs 200 juta),  dan pokémon tidak begitu dikenal secara global saat mereka tengah melakukan persiapan acara. 

Tujuan dari upacara penutupan tersebut adalah untuk memperkenalkan Tokyo dan kebudayaan Jepang, yang memang cukup dipengaruhi oleh animasi dan game. Karenanya acara penutup tersebut menampilkan beragam karakter animasi dan game yang sudah gak asing lagi, seperti Tsubasa Oozora yang merupakan karakter manga dan anime fenomenal Kapten Tsubasa, Doraemon adalah anime untuk anak anak yang tayang semenjak tahun 1973 dan sudah hadir dalam 20 bahasa. Hello Kitty adalah karakter yang dikenal di seluruh dunia. Pac-Man merupakan karakter game yang disukai semenjak dirilis pada tahun 1980 dan hampir tidak ada orang yang tidak kenal dengan Mario dari game Super Mario. 

Meskipun Pokémon GO turut mendongkrak popularitas Pokémon dalam waktu singkat di seluruh dunia, namun menurut komite produksi waktunya tidak cocok untuk menghadirkan pokémon pada acara penutupan. 

Nikkan Sport juga mengabarkan bahwa guyonan Mario dan Rio dari Rio de Janeiro tidak mungkin diabaikan. Ide tersebut datang dari presiden komite Olimpiade yang juga mantan perdana menteri Jepang, Yoshiro Mori. 

Upacara pembukaan untuk Olimpiade Tokyo 2020 sendiri belum ditentukan, tim yang akan menanganinya baru akan dibentuk dan mulai mengadakan riset pada tahun 2017-2018.

Sumber: ANN