Mangaka ‘Gantz’ Menghimbau Penggemarnya Beli Manga Baru

Lewat media sosial Twitter, Hiroya Oku yang juga mangaka serial Gantz membicarakan perilaku pembaca manga belakangan ini. Melalui akun pribadinya, dia menghimbau para pembaca manga untuk membeli manga baru. Hal tersebut disebabkan mangaka hanya akan mendapatkan royalti dari buku baru, bukan dari manga yang dibeli di situs barang bekas atau toko buku bekas.

hiroya oku

“Mungkin ini akan membuyarkan impian beberapa anak-anak, namun tidak ada mangaka yang bisa tetap berkarya apabila orang-orang hanya numpang baca di toko buku tanpa membelinya, atau membelinya lewat situs Yahoo! Auctions atau toko buku bekas. Mangaka tidak akan bisa bertahan, tapi banyak orang dewasa yang melakukan hal tersebut meskipun mereka paham kondisinyanya. Kalau kamu ingin mendukung mangaka, tolong beli manga baru, di toko, sesering kamu bisa.”

Netizen pun merespon tweet tersebut dengan mengusulkan agar adanya sistem yang memungkinkan mangaka mendapat keuntungan dari penjualan buku bekas. Tapi sepertinya hal tersebut tidak akan mungkin, jadi saat ini satu-satunya cara untuk mendukung mangaka favoritmu adalah dengan membeli karyanya, yang baru bukan bekas.

Sumber: Crunchyroll