Siswa Kelas 5 SD di Jepang Diwajibkan Mulai Belajar Bahasa Inggris

​Setelah Dewan Kementerian Pendidikan Jepang mengajukan kerangka kurikulum pada Senin (1/8), pemerintah Negara tersebut akhirnya menetapkan sebuah kebijakan baru di bidang pendidikan. 

Salah satunya adalah menjadikan pelajaran Bahasa Inggris sebagai pelajaran wajib di Sekolah Dasar kelas 5. Dewan Kementrian Pendidikan menjelaskan maksud dan tujuan dari keputusan tersebut adalah agar para siswa lebih siap dalam lingkungan internasional. Ditambahkan juga bahwa seharusnya aktivitas berbahasa Inggris, yang difokuskan pada kemampuan berbicara dan mendengarkan, sudah mulai diterapkan semenjak siswa memasuki kelas 3.

Di Jepang kerangka kurikulum sekolah dievaluasi setiap 10 tahun sekali untuk menyesuaikan dengan perubahan di dalam masyarakat. Kerangka kurikulum baru ini diharapkan dapat diterapkan untuk Sekolah Dasar mulai tahun 2020. 

Mungkin dalam beberapa tahun ke depan akhirnya akan lebih banyak penduduk Jepang yang lebih fasih bahasa inggris? Tidak menutup kemungkinan juga bahwa negara tersebut akan membutuhkan banyak guru bahasa inggris baru, berminat? 

Sumber: Japantoday